JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengatasi Telinga Berdengung Saat di Pesawat Terbang

Jakarta - Saat berada dalam pesawat terbang yang sedang dalam perjalanan di udara, telinga sering mengalami berdengung hingga menyebabkan rasa nyeri. Kondisi ini tentunya bisa mengganggu kenyamanan saat berada di dalam pesawat.
 
Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Zainul Djaafar menjelaskan, kondisi telinga berdengung ini umumnya terjadi karena ada perbedaan tekanan udara ketika pesawat mulai berada di udara.
 
Untuk menghilangkan dengung di telinga tersebut, Djaafar menyarankan untuk mengunyah permen karet selama perjalanan di udara. Air liur yang ditelan saat mengunyah dapat membantu menghilangkan dengung di telinga.
 
"Bila sedang flu, sebaiknya gunakan alat semprot hidung 30 menit sebelum terbang untuk melegakan saluran hidung. Karena kalau flu dan terjadi perubahan tekanan udara secara tiba-tiba, gendang telinga bisa rusak dan bisa sampai mengeluarkan darah," kata Zainul Djaafar di acara SOHO #BetterU di Jakarta, Kamis (5/3).
 
Bila keluhan ini terus berlanjut dalam waktu lama, Djaafar menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).
 
"Tekanan udara yang terlalu tinggi juga bisa merobek gendang telinga. Jadi sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter THT bila keluhan selama di pesawat itu terus berlanjut," saran Djaafar.
 
Penulis: Herman/NAD

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.