JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Connecting Flight

Seringkali kota tujuan tidak dilayani oleh penerbangan langsung. Atau karena tiket sudah terjual habis membuat kita harus cari rute penerbangan alternatif lain. Salah satu alternatif yaitu penerbangan lanjutan. Yang perlu diwaspadai dari penerbangan lanjutan adalah, apabila terjadi delay dari pesawat sebelumnya, maka otomatis akan kehilangan penerbangan lanjutan yang tiketnya sudah kita beli. Untuk itu, beberapa hal yang menjadi pertimbangan, dimulai dari alternatif yang paling aman, yaitu:



1. Connecting Flight
Minta lah informasi pada agen tiket atau pihak maskapai pilihan Anda mengenai penerbangan yang "connect". Artinya, meskipun harus menggunakan beberapa penerbangan, tapi semua dalam satu tiket. Bukan tiap penerbangan dengan tiketnya masing-masing.

Keuntungan connecting flight:
- Jika terjadi delay pada pesawat sebelumnya maka penerbangan lanjutan sudah diatur oleh pihak maskapai. Jadi tiket Anda tidak hangus.
- Anda tidak harus cek-in lagi, otomatis tidak lagi bayar airport-tax, tidak menunggu antrian bagasi dan tidak harus memikul bagasi Anda untuk menunju ke penerbangan lanjutan.

Kerugian:
- Mungkin tiket lebih mahal


2. Pilih maskapai yang sama
Jika Anda sdh punya tiket penerbangan tapi dikemudian hari Anda memutuskan untuk lanjut perjalanan dengan penerbangan lanjutan, maka pilihlah maskapai yang sama. Alasannya, jika terjadi delay dan Anda khawatir akan ditinggalkan oleh penerbangan lanjutan, maka Anda bisa hubungi pihak maskapai untuk dilakukan connecting. Penerbangan lanjutan Anda akan di-arrange oleh pihak maskapai dan keuntungan seperti pada poin satu tetap Anda dapatkan.

Jarak waktu kedatangan dari pesawat pertama dengan penerbangan lanjutan sebaiknya 1-2 jam. Ini bertujuan agar rencana Anda tidak mudah berubah. Meskipun maskapai meng-arrange penerbangan lanjutan, tapi ketika terjadi delay sedikit Anda harus menunggu lama atau bahkan keesokan harinya, mungkin jadwal perjalanan Anda menjadi tidak sesuai rencana.

3. Ambil jarak waktu yang aman antar penerbangan.
Jika terpaksa harus menggunakan maskapai yang berbeda, pilihlah jarak waktu yang aman antara kedatangan dan waktu cek-in penerbangan lan. Semakin
jauh jarak waktu antar penerbangan akan semakin aman. Harapannya jika terjadi delay di penerbangan pertama, kemungkinan tidak tertinggal pada penerbangan lanjutan.  Sesuai peraturan Menhub No.PM 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara (download di sini), Pihak maskapai akan berfikir ulang jika delay lebih dari 4 jam, karena harus memberikan ganti rugi 300 ribu per penumpang.
Keuntungan:
- Relatif lebih aman dari hangus-nya tiket perjalanan lanjutan karena delay penerbangan sebelumnya.

Kerugian:
- Menunggu 3 jam utk cek in penerbangan lanjutan jika ternyata tidak ada delay (sesuai jadwal).








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.