JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Citilink Beli Lima Pesawat, Buka Lima Rute

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - PT Citilink Indonesia punya board of director baru sejak seminggu yang lalu. Direksi memasang banyak target di tahun ini. Di antaranya, membukukan pendapatan 600 juta dolar AS (sekitar Rp7,7 triliun), membeli lima Airbus A320, dan membuka lima rute baru.
Komposisi direksi baru itu adalah, Albert Burhan selaku direktur utama, Mega Satria sebagai Direktur Keuangan, Hans Nugroho menjadi Direktur Komersial, dan Hadinoto Soedigno tetap dipercaya untuk mengisi pos Direktur Operasional. "Tahun ini, kami harap masuk half billion company," ujar Albert.
Memasang target tinggi soal pendapatan tentu bukan hal mudah. Apalagi, peningkatannya disebut sampai 42 persen. Dia optimistis, pendapatan perusahaan di eranya bisa menembus 550 juta - 600 juta dolar AS karena citra Citilink yang masih bagus. Terutama, soal ketepatan waktu berangkat.
Selain itu, pembelian lima pesawat juga diikuti dengan penambahan rute baru. Dia memprediksi, jumlah penumpang bisa naik dari 7,8 juta pada 2014 menjadi 11,2 juta penumpang di 2015. "Dari kejadian sebelum ini (kasus Lion Air, red), on time menjadi hal utama," terangnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, on time performance (OTP) akan ditingkatkan. Kalau rata-rata OTP tahun lalu mencapai 81 persen, bakal digenjot sampai 83 - 85 persen. Manajemen untuk mengatur delay juga dikedepankan. Termasuk disiplin dalam menerapkan aturan kalau ada penerbangan yang delay.
Dia bersemangat saat menceritakan soal lima rute baru yang disiapkan. Albert memastikan, dua atau tiga rute itu untuk melayani penerbangan ke Indonesia timur. Salah satunya, dari Makassar. "Tepatnya di mana, nanti akan dipelajari lagi," terangnya.
Terkait rute baru, Albert mengakui tidak semudah membalik telapak tangan. Slot penerbangan di beberapa bandara besar sudah penuh. Bahkan, untuk menambah frekuensi penerbangan saja sudah susah. Jadi, mau tidak mau, rute baru harus mengincar bandara yang tidak terlalu padat.
Untuk mendukung rute baru, Citilink butuh pesawat baru. Sudah masuk rencana untuk mendatangkan lima pesawat dari Airbus yang berbasis di Toulouse, Perancis. Saat ini, maskapai yang identik dengan warna hijau itu sudah memiliki 32 pesawat.
"Saat ini kami sedang berdiskusi dengan leassor (perusahaan pembiayaan, red) supaya bisa memiliki lima pesawat A320," katanya. Kehadiran pesawat baru membuat maskapai low cost carrier (LCC) itu berharap ada penambahan 50 sampai 60 penerbangan tambahan. Sebelum ini, jumlah harian mencapai 185 penerbangan.
Hans Nugroho menambahkan, direksi baru tetap mempertahankan tiga prinsip. Yakni, simple, on time, dan convenience. Berbagai kemudahan untuk bisa terbang dengan Citilink terus diberikan. Mulai dari mobile apps, mesin check in, sampai airport tax yang digabung dengan harga tiket.
"On time is number one. Di dalam pesawat, flight attendance juga memberikan pantun-pantun. Itu proses supaya kami dekat di hati," katanya.
Dhimas Ginanjar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.