JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

OIC : Penerbangan Soetta kembali Normal Pasca Delay-nya Lion Air

TANGERANG – Officer in Charge (OIC) Bandara Soekarno Hatta, memastikan pada Selasa (24/2) kemarin, tidak ada penerbangan yang terganggu di Bandara Soekarno Hatta. Seluruh maskapai melakukan perjalanan, secara normal sesuai dengan jadwal. Demikian dikatakan petugas OIC Bandara Soekarno Hatta, Kusnadi kepada INDOPOS, kemarin.
 
Diterangkannya, kekhawatiran adanya keterlambatan penerbangan yang menyita waktu cukup lama di Selasa (24/2) tidak terjadi lagi. Menurutnya, berdasarkan data yang masuk di OIC, seluruh maskapai penerbangan berjalan normal dalam melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta. "Hari ini, tidak ada gangguan penerbangan. Data kami dari Terminal 1, 2 dan 3, semua penerbangan berjalan normal," katanya.
 
Masih dijelaskan Kusnadi, khusus penerbangan Lion Air pun pada Selasa, sudah tidak ada masalah. Kondisi ini berbeda dengan beberapa waktu lalu, dimana maskapai Lion Air, mengalami keterlambatan penerbangan. "Semua maskapai, termasuk Lion Air, tidak ada kendala berarti. Semua sesuai jadwal," katanya.
 
Pantauan INDOPOS di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, tidak terlihat keramaian atau penumpukan penumpang. Pintu keberangkatan baik di Terminal 1 terlihat lengang. Begitu juga kawasan Terminal terlihat lengang dari penumpukan penumpang. INDOPOS pun sempat melakukan pengecekan ke Terminal 3  Bandara Soekarno Hatta. Tiba di counter Lion Air, tidak terlihat adanya antrian penumpang. Hanya ada dua orang penumpang yang sedang mengurus rencana keberangkatan. Selanjutnya, satu orang lagi hendak check in jelang keberangkatan.
 
Salah satu pegawai Lion Air yang ditemui menjelaskan, tidak ada lagi penumpukan penumpang yang hendak menukarkan tiket penerbangan. Perempuan berjilbab ini menjelaskan, pihaknya juga masih membuka pengembalian tiket. "Disini juga bisa kembalikan tiket. Di Jakarta juga bisa. Kalau sekarang sudah sepi yang kembalikan tiket," katanya.
 
Manajer Humas dan Protokoler Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta Yudis Tiawan menjelaskan, ada kategori yang mengakibatkan delay penerbangan terjadi. Kategori itu berkaitan dengan keselamatan penerbangan itu sendiri. Dua kategori yang tidak bisa dibantah yaitu, tehcnical reason (kondisi teknis pesawat) dan weather reason (faktor cuaca). Pada posisi ini, maskapai terang Yudis wajib untuk menginformasikan kepada penumpang, untuk memberikan penjelasan mengenai alasan delay tersebut. "Delay bisa terjadi karena alasan cuaca dan masalah teknis pesawat. Dua ini tidak bisa ditawar demi keselamatan penerbangan. Hanya saja, maskapai harus memberikan penjelasan agar penumpang juga mengerti," katanya.
 
Masih menurut Yudis, apabila delay terjadi, ada juga kewajiban maskapai yang harus direalisaikan kepada penumpang sesuai aturan yang berlaku. Secara umum, terang Yudis, delay satu jam pertama, maskapai wajib menyediakan snack, delay dua jam maskapai menyediakan makanan dan tiga jam akan ada lagi misalnya menyediakan hotel atau ganti biaya. "Kami meyakini, apabila delay dijelaskan maka para penumpang juga memahami karena berkaitan dengan keselamatan penerbangan," katanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.