JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemprov Riau Wacanakan Pemindahan Bandara

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Provinsi Riau menjajaki wacana pemindahan bandara untuk penerbangan komersial dari yang saat ini di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II ke luar Kota Pekanbaru. Setidaknya, itu sudah dibahas Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago di Batam, akhir pekan lalu. Pada kesempatan itu kedua belah pihak membahas konsep pembangunan wilayah Pekan Sikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

Beberapa pertimbangan pemindahan ini adalah, saat ini Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin memiliki dua skadron tempur. Perkembangan Kota Pekanbaru yang kian pesat menjadijkan Bandara SSK II tidak memungkinkan menjadi tempat penerbangan komersial apalagi bertaraf internasional di masa yang akan datang.  ''Rencana pemindahan bandara Pekanbaru seiring waktu memang perlu dilakukan. Makanya tahun ini akan mulai dipikirkan bersama guna mengantisipasi perkembangan ibu kota Provinsi Riau yang terus tumbuh sekarang ini,''ungkap Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman kepada Riau Pos akhir pekan lalu sepulang memimpin pertemuan Pekan Sikawan di Batam.

Program Pekan Sikawan, yang terdiri dari empat kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan jika melihat rencananya akan dijadikan sebagai perluasan pembangunan dan pengembangan wilayah ibu kota provinsi, Pekanbaru. Dengan ditopang tiga daerah tersebut.

''Pembahasan dengan Menteri Bappenas kemarin adalah bagaimana Pekan Sikawan ini bisa menjadi daerah strategis nasional ke depannya. Seperti Medan-Karo-Deli Serdang-Binjai. Kita harus memulai dari sekarang,'' tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Adizar menambahkan, memang rencana pemindahan bandara tersebut sekarang sedang didalami berikut kajiannya. Karena kondisi saat ini perkembangan strategis ke depan, SSK II tidak akan mampu lagi mengikuti perkembangan transportasi angkutan udara.

''Dengan dua skadron Lanud TNI AU, juga menjadikan rencana embarkasi haji yang memerlukan runway yang panjang. Makanya perlu dikaji lagi untuk penerbangan komersial di Riau,'' bebernya saat dikonfirmasi Ahad (8/2).

Disinggung tiga daerah yang tergabung dalam Pekan Sikawan kecuali Pekanbaru, sebagai lokasi paling layak, Adizar menyebut masih sedang dikaji secara mendalam. Karena banyak hal yang menjadi perhatian pemerintah untuk memindahkan bandara.

''Di mananya bisa saja nanti. Namun yang terpenting adalah mempertimbangkan kondisi lahan dan keselamatan penerbangan di wilayah tersebut. Kalau memenuhi tentu bisa menjadi alternatif,'' tambahnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.