JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jonan: Penutupan Loket Tiket di Bandara Masih Dibicarakan

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan rencana penutupan loket penjualan tiket di bandar udara masih dibicarakan. Tapi tujuannya, kata dia, adalah untuk memberantas percaloan dan membuat bandara internasional lebih rapi.

"Ini akan dimulainya di bandara-bandara internasional dulu," tutur Menteri Jonan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/2). "Masih dibicarakan, baiknya bagaimana apakah counter-nya di taruh di dalam atau bagaimana."

Jonan mengatakan, sebetulnya tidak ada rencana pelarangan loket tiket maskapai di bandara. Tapi menurutnya seharusnya tak jadi soal karena penjualan tiket penerbangan sudah bisa dilakukan via Internet.

Soal penutupan loket penjualan tiket di bandara ini tertuang dalam surat edaran Menteri Perhubungan Nomor HK.209/I/16PHB.2014 tertanggal 31 Desember 2014. Pengelola Bandara Soekarno-Hatta sendiri berencana memberlakukan rencana itu mulai 15 Februari. Tapi rencana itu menuai pro dan kontra. (Baca:
Kebijakan Penutupan Loket Tiket di Bandara Menuai Pro-Kontra)

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menyambut rencana itu. "Usaha penertiban bagus dong," tuturnya kepada CNN Indonesia, Senin (2/2).

Budi mengatakan maskapai bisa saja berkeberatan terhadap rencana itu.

Adapun pihak maskapai Garuda Indonesia meminta kebijakan itu disosialisasi karena selain penjualan tiket di bandara berkontribusi 10-15 persen dari total penjualan tiket, loket juga diperlukan kalau-kalau maskapai harus melayani refund atau upgrade kelas.

Sekretaris Jenderal Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Tengku Burhanuddin mengatakan kebijakan itu berpotensi menurunkan pendapatan maskapai. (Baca:
Larangan Jual Tiket di Bandara Akan Gerus Pendapatan Maskapai)

Menurut Tengku, efektivitas kebijakan itu dalam memberantas percaloan masih harus dibuktikan. Meski begitu, INACA mengimbau anggotanya untuk mematuhi keputusan itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.