JelajahNTT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Setelah N-219, N-245 dan N-270 Disiapkan

BANDUNG – Kehadiran pesawat N-219 yang dijadwalkan roll out dan terbang perdana akhir tahun ini, akan diikuti generasi berikutnya. Generasi terbaru itu diharapkan dapat menjawab kebutuhan pasar dalam negeri, terutama guna menunjang kawasan perintis.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, pihaknya langsung akan membuat dua seri lanjutan pesawat sejenis dengan kapasitas angkut penumpang yang lebih besar. "Kami memulai pengembangan pesawat generasi berikutnya, yakni N-245 dan N-270. Ini sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi yang menginginkan kehadiran pesawat kelas menengah sekitar 60 penumpang," kata Thomas Djamaluddin di sela-sela diskusi bertajuk "Galaxy Forum Indonesia 2015″ di Bandung, Sabtu (21/2).

Dia menjelaskan, rancang bangun generasi terbaru itu tetap menggandeng PT Dirgantara Indonesia seperti halnya N-219. Terlebih, opsi pengembangan N- 245 misalnya, mengadopsi atau merujuk kepada kemampuan BUMN strategis itu dalam membangun CN-235 yang lebih kepada kemampuan militer.

Kepentingan Sipil Bedanya, pesawat berkapasitas 45-50 penumpang buatan dalam negeri itu dikembangkan untuk kepentingan sipil. PT DI juga pernah berpengalaman merancang bangun pesawat N-250 dengan kemampuan tercanggih pada saat itu.

Kehadiran pesawat baling-baling kelas menengah itu tetap diproyeksikan untuk menunjang keterhubungan di wilayah terpencil. Transportasi udara dinilai sebagai solusi tepat guna untuk menjawab tantangan tersebut. Sembari program ini dikembangkan, Lapan bersama PT DI juga akan mengoptimalisasi N- 219, sehingga benar-benar menjadi pesawat multifungsi. Pesawat berkapasitas 19 penumpang itu menawarkan banyak varian. "Roll-out-nya Agustus, Desember terbang perdana.

Setelah uji terbang kemudian mendapat sertifikat, pada 2017 sudah diproduksi. Pada tahap produksi ini N- 219 bisa multifungsi, tak hanya menjadi pesawat sipil, tapi militer, untuk evakuasi hingga versi amfibi," ungkapnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Klik http://tiket.jelajahntt.com , untuk pemesanan tiket pesawat seluruh rute penerbangan domestik dan Asia.

Atau via SMS/Call/WA/ Line/Kakao di 082146-334333, Pin BB: 51D3685D.